Hadits Tentang Menjaga Rahasia

02.27

Allah berfirman "dan penuhilah janji, karena janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya" (QS Al Isra':34)

Dituturkan oleh Abu Sa'id Al Khudri r.a yang berkata bahwa Rasulullah bersabda:
"Sesungguhnya di antara orang yang paling hina di sisi Alah apda hari kiamat kelak adalah suami atau istri yanf bersetubuh kemudian mereka menyebarluaskan rahasianya itu" (HR Muslim)

Dituturkan dari Tsabit dari Anas r.a, "Rasulullah Saw, datang kepada saya, sedangkan saya sedang bermain dengan anak-anak. Kemudian beliau mengucapkan salam dan menyuruh saya dalam salah satu kepentingan, sehingga saya terlambat datang kepada ibu. Ketika saya datang, ibu bertanya,"Apa yang menjadikanmu terlambat datang?" Jawab saya, "Rasulullah Saw mengutus saya karena ada suatu kepentingan." Ibu bertanya,"Kepentingan apa itu?" Jawab saya,"Itu adalah rahasia." Ibu pun berkata, "Janganlah sekali-kali engkau menceritakan rahasia Rasulullah kepada siapapun."" Anas juga berkata, "Demi Allah, andaikan saya memberitakan rahasia itu kepada seseorang, pasti saya memberitakan rahasia itu kepadamu, hai Tsabit." (HR Muslim)

You Might Also Like

0 komentar