Islam Penyejuk Hati dan Jiwa

بسم الله الرحمن الرحيم

Sabtu, 04 Agustus 2012

Keistimewaan Sholat Subuh

Didalam buku karya Dr Raghib As Sirjani yang berjudul Misteri Shalat Shubuh bahwa terdapat 10 keistimewaan yang didapat dengan Shalat Shubuh berjamaah, Diantaranya :
-Pahala Tanpa Batas

Orang yang melaksanakan shalat shubuh berjamaah mendapatkan keistimewaan yang labih daripada orang yang shalat shubuh tidak berjamaah. bahkan dia mendapatkan lebih dari semua itu. Dia memndapatkan pahala seperti orang-orang yang shalat berjamaah pada umumnya, yaitu 25 derajat atau 27 derajat pahala. kebaikan akan selalu menyertainya dan kejelekan akan dihapus darinya, juga kedudukannya di sisi Allah akan ditinggikan. Para malaikat pun mendo’akannya dan beberapa ganjaran lain yang didapatkan oleh orang yang berjamaah pada Umumnya. Namun, shalat shubuh memiliki kelebihan khusus yang tidak ada pada shalat yang lain. Diantaranya :
Pahala satu malam penuh

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari ‘Ustman bin affan r.a. berkata : Rasulullah Saw telah bersabda : ” Man Sholla -al Isya a jamaa’atan fakaannamaa qaama nisfal laili, waman sholla -as subha fii jamaa’atin fakaannamaa shollal laila kullahu .”
artinya : ” Barangsiapa yang shalat isya berjamaah, maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam, Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat satu malam penuh. ” (HR Muslim)
” Mampukah anda shalat satu malam penuh? “
Dengan karunia dan kemuliaan-Nya, Allah Swt telah memberi anda pahala ini, jika anda shalat shubuh dan isya berjamaah. dan mungkin sudah diketahui oleh semua orang bahwa pahala shalat malam itu sangat besar pahalanya dan agung. tapi pahala shalat shubuh jauh lebih mulia darinya.

Menurut anda, Mana yang lebih afdhal;
- menghidupkan malam qadar secara sempurna dengan ibadah ?; atau shalat shubuh berjamaah pada bulan syawal, safar atau rajab–atau bulan-bulan lain selain bulan ramadhan ?.
Mana yang paling berat timbangannya disisi Allah ?
Mana yang paling anda sedihkan ketika tidak bisa melaksanakannya ?
Mana yang paling hina disisi Allah ketika anda tidak bisa melaksanakannya ?

Saudaraku, Bukankah kita ini shalat karena Allah Swt ?
Kalau kita mengetahui bahwa keridhaan Allah tidak akan didapat kecuali dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban-Nya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. dengan cara yang diperintahkan dan ditempat yang di inginkan-Nya, Mengapa kita harus mendahulukan sesuatu yang tidak diutamakan Allah Swt ? dan mengapa mengakhirkan sesuatu yang justru sesuatu itu sangat di utamakan Allah. Kalimat ini bukan bermaksud untuk meremehkan nilai malam qadar. Malam qadar adalah malam paling mulia dalam 1 tahun, dan juga malam yang lebih baik dari seribu bulan, kendatipun demikian, tetap kedudukannya sebagai shalat sunnah dan tidak lebih utama daripada shalat wajib.

Allah telah menjelaskan wajib itu secara umum lebih utama dari yang sunnah. Allah menjelaskan dalam Hadist Qudsi-Nya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw bersabda. ” Allah Berfirman : ” Wama taqarraba ilayya bisyaiin ahabbu ilayya mimmaq taradtu’ alaihi, wama yazaalu ‘abdii yataqarrabu ilayya binnawaafili hatta uhibbahu..”
artinya : ” tidak ada amal yang dikerjakan hamba-Ku, – dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Ku- yang lebih Aku cintai, selain ibadah wajib yang Aku perintahkan kepadanya. dan hamba-Ku terus mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan sunnah sehingga Aku mencintainya..”.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw bersabda :
” Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang tersembunyi dalam adzan dan shaf pertama, maka mereka tidak akan mendapatkan bagian kecuali dengan jalan di undi didalamnya, niscaya mereka akan ikut serta dalam undian ( banyaknya yang berbondong-bondong duna untuk menempati shaf pertama). dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan di awalo kedatangan ( shalat berjamaah), niscaya akan berlomba-lomba. dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan dalam shalat shubuh dan shalat isya’, niscaya mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak .” (HR Al-Bukhari)
Sesungguhnya Allah memberikan kesempatan yang sama di setiap saat dalam kehidupan anda, dalam Alqur’an disebutkan :

[40:60] Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

[2:186] Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Kewajiban anda hanyalah berdo’a, niscaya Allah akan mengabulkan permohonan anda, kapan, dan dimanapun anda berada sepanjang hidup anda. sebenarnya anda mempunyai waktu yang mulia ini. setiap malam sepanjang tahun, akan tetapi anda sering melupakannya.
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw bersabda : ” Allah akan turun ke langit bumi pada setiap malam. Dia berkata : ” Mana hamba-Ku yang berdo’a, untuk Aku kabulkan (Do’anya)? Mana hamba-Ku yang meminta kepada-Ku untuk Aku Penuhi (Pemintaannya)? Mana hamba-Ku yang beristighfar untuk Aku ampuni (Dosanya)?.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pahala Shalat shubuh lebih tinggi, kewajiban melaksanakan shalat shubuh lebih penting, dan do’a lebih cepat dikabulkan ketika shalat shubuh. namun, mengapa manusia malah tidur pada saat adzan shubuh berkumandang? mengapa mereka meninggalkan kewajiban ini? sebuah pertanyaan yang perlu kita jawab dengan segera!!

Berikut ini adalah tips dan trick Mudah menjalankan shalat shubuh :
-Ikhlas,
-Tekad yang kuat,
-Hindari dosa,
-Do’a
-Berteman dengan Orang shalih,
-Memperhatikan cara tidur,
-Jangan kekenyangan,
-Mengingat-ngingat keutamaan waktu fajar,
-Tiga Bel Alarm pengingat,
-Ajak Orang lain.

CP: http://zahsihsayru.wordpress.com/2010/08/14/keistimewaan-shalat-shubuh/
Diberdayakan oleh Blogger.

© Islam Penyejuk Hati dan Jiwa, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena